DERY AKBAR FAHREZI

Berpacu Menjadi Yang Terbaik

Sejarah Game MOBA di Dunia

diposting oleh dery-akbar-fahrezi-feb17 pada 23 December 2020
di GAME - 0 komentar

Sejarah Game MOBA di Dunia. Mari merapat bagi para pecinta game MOBA. Sebenarnya game MOBA itu apa sih? Mengapa dinamakan MOBA? Buat kalian yang belum tahu dan ingin tau tentang seluk beluk game ini, disimak baik-baik ya.

 

Game MOBA memiliki arti Multiplayer Online Battle Arena. Salah satu cabang game online ini menggunakan lokasi sebagai tema pertarungan. Game ini mempunyai sistem 5v5 di mana tiap sebuah tim terdiri dari 5 orang. Sehingga kerjasama tim sangat penting dalam game ini.

 

Karakter yang ada dalam game MOBA mempunyai skill yang berbeda. Ada yang berperan sebagai support, assassin, dan masih banyak lagi. Untuk permainan ini, pemain terpilih secara random dengan pemain yang ada di mancanegara atau dapat memilih teman untuk bermain bersama. Kemudian dikenallah istilah main bareng atau disingkat mabar karena kepopuleran game ini.

 

Sejarah Game MOBA

 

Game MOBA awalnya merupakan pecahan dari game RTS (Real Time Online). game RTS pertama pada tahun 1989 bernama ‘Herzog Zwei’. Game tersebut memiliki elemen MOBA, dimana kita ditujukan untuk menghancurkan markas musuh. Kemudian pada tahun 1998 Sony Playstation merilis sebuah game baru yang disebut Future Corp : LAPD.

 

Di tahun yang sama Blizzard juga menluncurkan Starcraft bagi PC. Seorang pemainnya membuat sistem map yang mana mempunyai 3 lane berbeda. Aoen of Strive yang berhasil dibuatnya menjadi cikal bakal game MOBA saat ini.

 

AOS (Aeon Of Strive) menjadi sangat populer. Kemudian akhirnya muncul game baru yang bernama Warcraft III : Reign of Chaos di tahun 2002. Akibat populernya map Aeon Of Strive, Eul menciptakan sebuah costum map pertama dengan nama DOTA (Defense of The Ancient) dengan elemen yang mirip dengan game MOBA saat ini.

 

Perkembangan Game MOBA di Era Modern


Lahirnya smartphone dan konsol mempermudah game MOBA untuk berkembang. Apabila game MOBA di PC menggunakan kontrol point dan click, maka fitur tersebut diubah menjadi kontrol analog untuk memudahkan para pengguna untuk memainkan game tersebut.

 

Simak juga di situs theblueprintbook.net, dan dapatkan permainan game online lain yang bisa menghibur dan bahkan juga bisa menghasilkan uang nyata untuk Anda. 

 

Selama ini game MOBA banyak dibuat di luar Indonesia. Akan tetapi sekarang game MOBA dapat dikembangkan oleh pengembang lokal. Sebaiknya kita patut berbangga karena saat ini Indonesia mampu untuk mengembangkan sendiri game MOBA yang diharapkan beberapa tahun lagi pasar game MOBA di Indonesia berkembang pesat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :